Dalam
mencapai minat belajar peserta didik
yang baik tidak terlepas dari
Kompetensi kepribadian. Komptensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang
mantap, stabil, dewasa, arif, dan
berwibawa.
Oleh karena itu peran pendidik sangat berpengaruh dalam proses belajar bagi orang dewasa. Pendidikan orang dewasa akan lebih berhasil apabila cara-cara yang akan dirasakan peserta sebagai “ menggurui”, atau “mengajari” dihindarkan. Pendidik orang dewasa yang meyakini hal ini, merasa lebih nyaman jika disebut sebagai pembimbing, fasilitator atau pemimpin kelompok belajar dari pada dirinya disebut sebagai pengajar, dosen, guru atau instruktur.
Oleh karena itu peran pendidik sangat berpengaruh dalam proses belajar bagi orang dewasa. Pendidikan orang dewasa akan lebih berhasil apabila cara-cara yang akan dirasakan peserta sebagai “ menggurui”, atau “mengajari” dihindarkan. Pendidik orang dewasa yang meyakini hal ini, merasa lebih nyaman jika disebut sebagai pembimbing, fasilitator atau pemimpin kelompok belajar dari pada dirinya disebut sebagai pengajar, dosen, guru atau instruktur.
Dengan
memperhatikan bahwa :
2.1.1. Pendidikan
orang dewasa haruslah bermuara pada perubahan perilaku.
2.1.2 Dapat
atau tidaknya terjadinya perubahan perilaku adalah tergantung pada: ada atau
tidaknya perubahan, dan penguasaan keterampilan, maka ( dalam program
pendidikan orang dewasa) peran pendidik
adalah:
a.
Penyebaran pengetahuan,
dengan cara menyampaikan informasi dan pengetahuan kepada anggota kelompok
belajar.
b.
Pelatihan keterampilan,
dengan cara mengelola dan membimbing kegiatan latihan-latihan praktek, dimana
anggota kelompok belajar diajak untuk belajar sambil mengerjakan.
c.
Perancangan pengalaman belajaar krektif,
dengan cara berupaya menemukan pendekatan, metode, dan cara-cara untuk dapat
terciptanya situasi-situasi belajar yang memungkinkan anggota kelompok belajar mendapatkan
pengalaman baru, menata pengalaman masa lampau dengan cara yang lebih baik,
dll. Sehingga terbuka kesempatan untuknya dapat berlaku lain dari pada
biasanya.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar